NEWS

Post Top Ad

Pastiin Dulu

Rabu, Mei 06, 2009

Innovate We Can



Tinjauan Buku

Innovate We Can! Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai
Oleh: Avanti Fontana
Buku dalam Bahasa Indonesia
Penerbit: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009
Tebal: xxviii+316 halaman
Ukuran Buku: 16,5 x 23 cm
ISBN: 978-979-02-5671-2
Harga: Rp90.000,-

Innovate, We Can!

MENUNJUKKAN PENTINGNYA INOVASI DI ERA PASCA-BUBBLING

Oleh: Harris Turino, Praktisi Bisnis dan Staf Pengajar Prasetiya Mulya Business School


Kita sering mendengar frasa atau kalimat seperti “inovasi tiada henti,” “inovasi atau mati,” “perusahaan kami selalu aktif berinovasi dengan meluncurkan produk-produk baru,” “sekolah inovatif,” “iklan paling inovatif,” dan “maju bermodal inovasi.” Apakah kita sebagai pelanggan benar-benar tahu dan bisa merasakan hasil inovasi yang telah mereka lakukan? Dan apakah organisasi yang melakukan ‘inovasi’ benar-benar merasakan manfaat berupa kenaikan kinerja pada bottom linenya? Bila sebuah perusahaan berhasil menurunkan lead time dari 1 jam menjadi 50 menit, apakah bisa disebut inovasi? Mungkin sebagian dari kita terlalu latah dan cenderung ikut-ikutan sehingga semua hal yang berhubungan dengan upaya perbaikan langsung disebut inovasi. Padahal tidak demikian.

Kata inovasi sering digunakan orang untuk memberikan kesan atau konotasi positif, seperti adanya perbaikan (improvement), ke-proaktif-an, keunggulan, hal-hal baru, dan lain-lain. Karena itu kata ini sering muncul dalam presentasi bisnis, tesis ilmiah, seminar, obrolan nonformal, iklan hingga kampanye politik. Banyak literatur manajemen memberikan definisi inovasi dari sudut pandang yang berbeda sehingga pembaca sering menjadi rancu atas batasan, unsur dan scope inovasi yang sebenarnya. Buku Innovate We Can! yang ditulis Avanti Fontana PhD memberikan uraian lengkap tentang serba-serbi inovasi. Setelah membacanya setiap orang akan memperoleh pengetahuan tambahan untuk memastikan aktivitas mana yang bisa disebut inovasi, dan mana yang bukan, serta bagaimana mengimplementasikannya dengan sukses.

Buku Innovate We Can! setidaknya memiliki tiga perbedaan mendasar dibanding buku-buku yang beredar di pasaran. Buku ini bukan hanya ditujukan bagi kalangan akademisi, namun juga praktisi, pengamat, dan pengemar ilmu pengetahuan lainnya. Sebagai sebuah buku, kedalaman kontennya tidak kalah dari jurnal-jurnal akademis, namun disampaikan dalam bahasa yang lebih mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Selengkapnya akan saya tampilkan nanti. bagi anda yang tertarik dengan artikel ini, silahkan menghubungi saya di "harristk@gmail.com".


Post Top Ad

Pastiin Dulu